Mengenal Hak Merek Dagang

Materi Iklan: Saya tidak mempercantik salinan pemasaran saya dengan simbol pendaftaran! Dan menggunakan tanda sebagai kata sifat terdengar aneh!

Pengacara Merek Dagang: Aacck! Pikirkan ritsleting, eskalator, aspirin, tempat sampah, yo-yo, pilates, tongkat pogo, granola …

Materi iklan: Seseorang cari bantuan – menurut hak merek saya pengacara itu sedang bermasalah! Dan siapa yang mengundangnya ke pertemuan itu?

Sudahkah Anda menjalani percakapan ini? Apakah Anda seorang pengacara kreatif atau merek dagang, memang ada kesamaan. Ini semua tentang merek.

Pertama Datanglah Mereknya (Atau Apakah Itu Merek Dagangnya?)

Merek adalah tentang persepsi, pengalaman, dan aspirasi – persepsi dan pengalaman konsumen dan aspirasi perusahaan untuk memandu persepsi dan pengalaman tersebut. Hiasan sebuah merek adalah kata-kata, logo, dan bahkan warna, yang mengidentifikasi barang dan jasa yang berasal dari perusahaan tertentu. Ini adalah merek dagang dan merek layanan perusahaan. Merek dagang dan merek layanan (secara kolektif, “merek dagang” atau “merek”) berfungsi sebagai semacam singkatan emosional. Mereka menghubungkan konsumen dengan visi perusahaan. Mereka adalah janji kualitas dan layanan. Merek perusahaan menciptakan ekspektasi bahwa ketika konsumen membeli barang atau jasa yang terkait dengan merek tersebut, dia mendapatkan perwujudan dari perusahaan tersebut.

Pengakuan merek berasal dari inovasi, dari pemasaran dan hubungan masyarakat, dan dari penggunaan merek dagang perusahaan secara hati-hati. Hak merek dan merek dagang berbagi tiga kata jam yang sama: pengulangan, konsistensi, dan penggunaan berkelanjutan. Ini karena hukum merek dan merek dagang berbagi fokus yang sama: asosiasi yang dibuat dalam benak konsumen.

Hak Merek Dagang: Branding With Teeth

Undang-undang merek dagang muncul ketika sebuah perusahaan mencoba melindungi mereknya dengan mencegah orang lain menggunakan merek yang sama, atau merek dagang serupa yang membingungkan. Perusahaan yang menggunakan merek terlebih dahulu memiliki hak tertentu.

Misalnya, penggunaan pertama dalam perdagangan secara umum berarti hak eksklusif untuk menggunakan merek tersebut, setidaknya di wilayah geografis tempat perusahaan beroperasi, dan pada barang atau dengan layanan yang terkait dengan merek tersebut.

Perusahaan dapat mencegah pihak ketiga untuk menggunakan merek atau yang serupa dengan cara yang membingungkan melalui upaya hukum. Upaya hukum termasuk uang untuk kerusakan atau kehilangan keuntungan dan / atau perintah, perintah hukum untuk menghentikan penggunaan pihak ketiga.

Jika pengadilan tidak menemukan kemungkinan terjadinya kebingungan – mereknya tidak terlalu mirip dan / atau barang / jasa terlalu berbeda – kedua belah pihak dapat menggunakan merek tersebut, terlepas dari siapa yang pertama. Pada intinya, undang-undang merek dagang adalah tentang melindungi konsumen.

Pendaftaran Federal AS: Why You Want That ®

Jika Anda menggunakan merek dalam perdagangan, Anda memiliki hak merek dagang apakah Anda memiliki pendaftaran federal atau tidak. Tetapi ada beberapa keuntungan dari pendaftaran federal.

Beberapa yang besar:

Ada anggapan hukum bahwa Anda memiliki merek itu;
Anda dapat memiliki hak atas suatu merek sebelum Anda mulai menggunakannya, selama Anda benar-benar bermaksud untuk menggunakan merek tersebut dalam perdagangan (dan pada akhirnya Anda harus menunjukkan penggunaannya);
Tanggal pengajuan permohonan merek dagang Anda dapat digunakan untuk menunjukkan tanggal penggunaan pertama;
Anda mendapatkan hak eksklusif untuk menggunakan merek pada atau sehubungan dengan barang atau layanan yang dijelaskan dalam pendaftaran; dan
Anda mendapatkan hak kepemilikan nasional vs. hak hanya di wilayah geografis tempat Anda melakukan bisnis.
Tidak Semua Tanda Memiliki Gigitan yang Sama
Merek umum, atau kata-kata umum, tidak bisa mendapatkan perlindungan merek dagang karena digunakan dalam bahasa sehari-hari sehingga tidak dapat mengidentifikasi sumber barang atau jasa. Jadi Anda tidak akan memiliki hak merek dagang jika menamai produk sabun Anda, SOAP.

Tanda deskriptif segera menyampaikan sifat barang atau jasa. Misalnya, ambil PERFUMED SOAP sebagai penanda produk sabun wangi. Anda akhirnya dapat memperoleh perlindungan merek dagang untuk merek deskriptif jika Anda dapat menunjukkan kepada publik telah membuat asosiasi yang kuat antara merek dan produk atau layanan perusahaan Anda. Setelah 5 tahun terus digunakan, ada anggapan di AS bahwa Anda telah membuat asosiasi semacam itu.

Sebaliknya, tanda sugestif membutuhkan lompatan imajinasi untuk terhubung ke produk atau layanan perusahaan. Ini dapat dilindungi saat digunakan dalam perdagangan. Namun berhati-hatilah, lompatan imajinasi seseorang adalah tanda deskriptif orang lain. Tidak selalu ada garis terang di antara mereka. ORANGE CRUSH adalah contoh dari tanda sugestif.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *