5 Cara Mengajari Anak Toilet Training

Memiliki buah hati yang bisa mandiri sejak dini tentu menjadi kebanggaan para orangtua. Dibutuhkan peran orangtua dalam mengawasi dan membimbing si kecil melakukan kegiatan harian. Anda yang ingin si kecil tidak mengompol setiap saat, maka wajib mengajari pentingnya toilet training. Setidaknya anak yang terbiasa memakai popok Mamypoko bisa memahami sinyal alami tubuh untuk BAK di kamar mandi. Bila tidak memakai diapers, anak tidak akan mengalami insiden mengompol lagi. 

Cara sederhana mengajari anak toilet training

Setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda seiring usia mereka, tetapi orangtua harus paham aturan mengajari anak toilet training yang benar. Pastikan anak telah mengetahui keinginan untuk BAK atau BAB yang umum terjadi pada usia 1,5 sampai 2 tahun. Berikut cara mengajari anak untuk BAK dan BAB di toilet yaitu :

  • Memberikan penjelasan tentang toilet

Berikan penjelasan tentang fungsi toilet kepada anak dengan bahasa yang mudah dimengerti. Bila anak ingin BAK dan BAB, ia akan paham bahwa toilet adalah tempat untuk kebutuhan alami tersebut.

  • Memberikan contoh konkret

Anda bisa mengajak si kecil ke toilet dan ajari cara duduk di atas kloset dan cara menggunakan toilet dengan baik. Anda harus memperhatikan kenyamanan si kecil selama proses belajar ini. Jangan memaksa anak bila ia menangis, rewel atau menunjukkan ketidaknyamanan.

  • Memberikan pispot 

Ada baiknya Anda mengajari anak belajar toilet training dengan membelikan pispot khusus anak-anak. Biarkan ia belajar cara yang Anda jelaskan pada pispot dengan ukuran sesuai tubuhnya ini. Letakkan pispot di kamar mandi guna merangsang anak belajar BAK dan BAB di tempat yang seharusnya.

  • Menjadikan rutinitas setiap hari

Jadikan kebiasaan buang air kecil atau besar di toilet sebagai kegiatan rutin untuk si kecil. Setelah ia bangun tidur, ajak langsung anak ke kamar mandi agar ia mulai terbiasa. Hal ini juga berlaku setiap anak menunjukkan tanda ingin BAK atau BAB kapan saja. 

  • Memberikan reward pertama 

Sebagai orangtua yang bijak, Anda harus memberikan motivasi untuk anak agar ia bersemangat belajar toilet training ini. Memberikan reward untuk anak yang berhasil melakukan toilet training pertama dengan sukses bukan hal yang salah. Nantinya anak akan semakin memahami bahwa BAK dan BAB di toilet adalah rutinitas harian yang penting. Memberikan pujian kecil atau hadiah tertentu sebagai apresiasi bisa mendorong kepercayaan diri anak semakin tinggi, lho! 

Dari beberapa tips mengajari anak toilet training di atas, Anda memang perlu kesabaran dan telaten. Tidak ada hal instan di dunia ini, apalagi anak-anak masih menunjukkan ketidaksiapan BAK atau BAB di toilet. Bila anak menggunakan Mamypoko tetapi tidak kunjung BAK semalaman, maka sudah sepatutnya Anda mengajari program toilet training. Dapatkan produk Mamypoko atau pispot khusus anak di toko perlengkapan bayi terpercaya, ya!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *